Kamis, 14 April 2011

Korupsi dan budayanya di Indonesia

well, well, malu gak sih kalo jadi negara dengan cap tingkat tertinggi di dunia? gak tertinggi sih, at least we'r on the list.. Oh my God

menurut survey, disebutkan bahwa Indonesia ada di tingkat ke 33 dari 163 negara terkonrupsi didunia.. gimana? gimana? harap sekarang budayakanlah malu, malu untuk mengambil duit yang bukan haknya..
liat yah, itu daftar negara mulai dari tingkat korupsi terendah sampai tertinggi. Nah Indonesia itu ada di posisi ke 130 dari 163 negara.

Budaya malu sebenarnya tuh udah mendarah daging di diri kita, buktinya kita malu buat pakai baju buka - bukaan dibanding sama negara - negara di barat sana. Walau ada baju daerah yang terbuka, tapi ya kan itu budaya yang melihat pada letak geografisnya. Jadi wajarlah terbuka, karena lokasinya. Masa di udara panas, pakai baju kayak orang eskimo. Bener kan? Tapi sayangnya masyarakat Indonesia sudah mulai melupakan atau bahkan mendistorsikan budaya malu itu dengan cara yang gak lazim. Budaya malu hanya bila berurusan dengan pakaian (mungkin) dan kalau berhubungan dengan UANG (money) hasilnya bisa berbeda.

Lihat kan berapa banyak orang yang rela korupsi tanpa rasa malu. itu semua hanya karena uang. Well, uang memang bener - bener bisa membeli semuanya. Bahkan uang bisa membeli rasa malu yang harusnya dimiliki oleh semua orang.. Whattashame

Coba ya para koruptor itu berfikir seperti Robin Hood yang mengambil hak milik orang lain untuk orang lain yang lebih butuh. see?

Masih banyak orang - orang yang butuh UANG yang kalian ambil! Harap mengerti! atau minimal tolong budayakan untuk malu mengambil uang yang bukan milik kalian. MERDEKA!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar